Ternyata Amalan sang Ibunda Ini yang Membuat Imam Bukhari Sembuh dari Kebutaan

Sedari kecil imam al - bukhari hadapi kerasa sakit yang teramat di kedua matanya, sampai kesimpulannya hadapi kebutaan.

kondisi tersebut terus dia alamiah sampai sesuatu kala allah mengembalikan penglihatannya berkat usaha yang ditekuni oleh ibunya.

allah betul - betul membagikan kesembuhan kepada imam al - bukhari. lalu, amal apa yang dicoba oleh ibunda imam al - bukhari?

diriwayatkan kalau ibunda imam bukhari senantiasa menekuni doa sejauh malam dan juga siang. dengan deraian air mata kejujuran, berbaik sangka kepada allah ta’ala, tidak putus asa ataupun mengadu, dia terus berbaik sangka kepada rabb yang maha mulia.

sesuatu malam, ibunda al - bukhari tertidur, dan juga dia bermimpi memandang nabi ibrahim saw. dalam mimpinya nabi ibrahim mengatakan, “wahai wanita, begitu allah telah mengembalikan penglihatan putramu, karna banyaknya tangisanmu, ataupun banyaknya doa yang kalian lantunkan. ”

imam al - bukhari juga setelah itu dapat memandang. kala allah ta’ala telah mengembalikan penglihatan al - bukhari, ibunda al - bukhari setelah itu berupaya keras buat mengajari putranya. di antarnya ke bermacam majelis ilmu yang terdapat dikala itu.

al - bukhari pula mengelilingi negeri - negeri islam buat mencari hadits - hadits nabi dengan hafalan yang kokoh. berkat usaha kerasnya yang diikat dengan kesabaran kokoh, allah ta’ala membagikan kepampuan kepada al - bukhari buat membenarkan keshahihan hadits nabi yang mulia. sampai - sampai al - bukhari jadi salah seseorang pembesar syaikh islam dalam ilmu hadits. kitabnya, shahih al - bukhari pula jadi kitab yang amat shahih sehabis kitab allah ta’ala.

imam muslim sempat bersua dengan imam al - bukhari, kemudian dia mengecup keningnya, dan juga mengatakan, “biarkanlah saya mencium kedua kakimu, wahai ustadznya para ustadz, penghulu para muhaddits, dan juga dokter dalam menganalisa cacat - catat dalam hadits. ”

mudah - mudahan cerita di atas dapat menginspirasi kita seluruh tentang dahsyatnya tenaga doa seseorang bunda. tidak terdapat yang mustahil, whatever dapat terjalin bahwa allah sudah menghendaki. wallahu a’lam bus shawab!

penulis : fakhruddin

disadur dari novel teladan ibunda para tokoh karya jum’ah sa’ad fathul bab, penerbit aqwam, solo






(sumber: http:// yesmuslim. blogspot. com/2016/12/ternyata-amalan-sang-ibunda-ini-yang. html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.